Jumat, 11 Januari 2008

TUGAS KULIAH KOMNAS
1. Diakhir abad ke-20 perkembangan IT sangat pesat, hal ini didorong oleh:
 Data/informasi menjadi sumber daya yang penting

Karena seiring berkembangnya IT, data dan informasi merupakan suatu hal yang penting, yang dapat membuat perkembangan IT semakin maju dipicu oleh data dan informasi yang relevan, terpercaya. Untuk itu pemicu berjalannya perkembangan IT itu proses awalnya, memiliki data-data dan sumber informasi yang jelas serta akurat menjadikan para user atau para IT menjadi lebih tahu tentang teknologi IT sekarang-sekarang ini.
Percepatan dalam IPTEK
Proses kedua adalah cepatnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berjalan dalam pangsa pasar, membuat perkembangan IT menjadi pesat. Dan masyarakat luas dapat lebih mengenal dan bahkan menggunakan Teknologi semakin banyak, itu dikarenakan proses percepatan dalam Iptek.

2. Tentang Aplikasi Open Source:
 Aplikasi open source mempercepat penyempurnaan aplikasi
Dengan adanya Aplikasi open source menjadikan kita menggunakan suatu aplikasi tanpa membayar atau royalti kepada siapapun, kita dapat bebas
menggunakan dan mengedit aplikasi tersebut sehingga aplikasi opensource tersebut dapat menjadi lebih sempurna dan tercipta lebih menarik.
 Tren aplikasi open source menghilangkan pengakuan tentang hak cipta
Aplikasi open source itu dapat dirubah dan diedit oleh user siapapun, menjadikan suatu program tersebut lebih bagus baik itu segi tampilan atau mungkin kegunaannya makanya yang menjadikan tren aplikasi open source dapat menghilangkan pengakuan tentang hak cipta, benar adanya.

Maksudnya, daripada kita memakai program yang berbayar dan bagus tetapi membajak produk dan hak cipta milik oranglain dan merugikan hak cipta tersebut, selain itu bisa berakibat fatal karena bisa dituntut oleh si pembuat software tersebut. Maka beralih ke Aplikasi open source, walau belum terbiasa menggunakan aplikasi open source tersebut disbanding dengan aplikasi berbayar kita sering menggunakan, tetapi aplikasi open source tidak berbeda jauh dengan yang berbayar, bila dibanding dari segi kegunaan software tersebut.
~ Aplikasi open source adalah pilihan bijak bagi user miskin


Tidak ada komentar: