Jumat, 11 Januari 2008

Profesi IT

Profesi IT



WEB DEVELOPER/PROGRAMER
Pada bidang ini kompetensi yang harus dimiliki membuat halaman web dengan multimedia, Dan CGI programming, PHP/ASP.
DATABASE ADMINISTRATOR
Pada bidang ini kompetensi yang harus dimiliki dapat memonitor dan administer pada sebuah system database.
SYSTEM ADMINISTRATOR
Pada bidang ini kompetensi yang harus dimiliki mampu memahami routing, mampu menghubungkan perangkat keras, pasang konfigurasi mail server, ftp server, web server.
Dalam dunia profesi IT dapat dibagi menjadi tiga bidang yaitu Profesional IT, Cendekiawan IT, Birokrat IT. Ketiga bidang-bidang ini sangat dibutuhkan wawasan dan pengetahuan cukup tinggi.
Profesional IT yaitu, Dalam bidang ini bidang yang harus diterapkan dalam penguasaan teknis praktis yaitu penguasaan materi-materi IT mulai dari pemrograman sampai perkembangannya itu pun harus di monitor secara dinamis, Kemampuan Komunikasi yaitu Mampu berkomunikasi dengan baik antar client-client yang menjadikan prioritas utama.
Cendekiawan IT yaitu, Pemahaman dalam bidang kajian yang diterapkan dan mengembangkan konseptual ke masyarakat. Dalam hal ini cendekiawan IT harus dapat melakukan pengembangan-pengembangan teori baru dalam menghadapi suatu permasalahan cendekiawan IT dapat mengimplementasikan masalah-masalah secara teoritis dan bertanggung jawab atas keputusan yang dibuat.
Birokrat IT yaitu, Proses pertanggung jawaban dalam masalah birokrasi IT, dapat menangani masalah pengaduan perangkat lunak IT, menegakkan proses pengaturan-pengaturan yang berkaitan dalam operasional IT, Serta memahami ruang lingkup dalam pemahaman mengenai Sosio Computing.
Dalam pemahaman yang baik mengenai penggunaan dan pegoperasian perangkat lunak IT, memiliki pegetahuan yang baik mengenai arsitektur dan komponen perangkat lunak dengan metode pengembangan perangkat lunak.
Pengaturan pemanfaatan IT harus dilaksanakan dengan tujuan untuk
Mendukung perkembangan perdagangan dan perekonomian nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional, Memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap orang untuk mengembangkan pemikiran dan kemampuan di bidang IT secara bertanggung jawab dalam rangka menghadapi perkembangan IT di Dunia.

Tidak ada komentar: